Sabtu, 28 Oktober 2017

Korean Food

Makanan Khas Korea

Korea menjadi salah satu negara tujuan wisata terbesar di kawasan Asia, karena banyak tempat - tempat indah yang cocok dijadikan spot untuk berfoto. Selain itu, Korea juga dikenal dengan makanannya yang khas. Inilah beberapa makanan khas dari Korea.

  • Kimchi   
Image result for kimchi

Yang pertama ada kimchi.Kimchi adalah makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah.Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak.Di Korea, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan lain.


  • Jajangmyeon
Related image


Jajangmyeon (atau jjajangmyeon) adalah jenis Masakan Korea yaitu mi saus pasta kacang kedelai hitam. Tak jarang dari penduduk Korea yang menambahkan makanan laut semisal cumi-cumi, teripang, dan udang ke dalam sausnya. Dan ada banyak variasi dari jajangmyeon, seperti ganjajangmyeon, samseon jajangmyeon, dan samseon ganjajangmyeon. Perbedaan antara masing-masing jajangmyeon terletak pada cara penyajian dan campuran yang digunakan untuk sausnya.

  • Samgyeopsal

Image result for samgyeopsal
Samgyeopsal adalah masakan Korea berupa panggang daging perut babi yang berlemak dan tebal. Daging biasanya tidak dibumbui, dan dipanggang sendiri di atas pemanggang yang ada di meja rumah makan. Setelah matang, daging dimakan setelah dicelup ke dalam saus pedas.

  • Tteokbokki
Image result for tteokbokki

Tteokbokki adalah panganan Korea berupa tteok dari tepung beras yang dimasak dalam bumbu gochujang yang pedas dan manis. Tteok yang dipakai berbentuk batang atau silinder. Penganan ini merupakan makanan rakyat yang banyak dijual di pojangmacha. Dan ada beberapa variasi tteokbokki, yaitu "Shanghai Topokki" , "Rabokki" , "Tteok Kochi" , "Tteokbokki Kare" , "Tteokbokki Seafood" , dan masih banyak lagi.

  • Kimbap
Image result for kimbap

Gimbap atau Kimbap adalah makanan khas Korea yang terbuat dari nasi putih dan isian berupa potongan ikan, daging, telur, dan sayuran yang digulung dengan lembaran rumput laut kering. Dan bentuknya bisa bundar atau segitiga, dan rumput lautnya juga bisa digulung di bagian dalam, namun pada umumnya berada di bagian luar.Gimbap populer sebagai makanan yang dibawa piknikhiking atau aktivitas lain di luar ruangan.

  • Sup Rumput Laut Korea (Miyeok Guk)
Image result for miyeok guk

Miyeok Guk adalah makanan sup rumput laut khas Korea. Sup ini biasanya dibuat dengan merendam rumput laut kering dalam air hingga lunak kemudian memasukkannya ke dalam air kaldu sapi atau ikan. Sup kemudian dibumbui dengan kecap atau garam dan juga minyak wijen serta bawang putih.
Makanan ini biasa dikonsumsi oleh wanita yang baru melahirkan dan dalam masa kehamilan, karena memiliki kandungan kalsium dan iodin yang tinggi, yang penting bagi ibu menyusui. Karena itu, di Korea ada tradisi makan sup rumput laut pada saat hari ulang tahun.

  • Bulgogi
Image result for bulgogi

Bulgogi adalah olahan daging asal Korea. Daging yang digunakan antara lain daging sirloin atau bagian daging sapi pilihan.
Bumbu bulgogi adalah campuran kecap asin dan gula ditambah rempah lain bergantung pada resep dan daerah di Korea. Sebelum dimakan, daun selada digunakan untuk membungkus bulgogi bersama kimchi, bawang putih, atau bumbu penyedap lain.
Di Jepang, makanan yang sejenis disebut Yakiniku. Dibandingkan dengan Yakiniku, bumbu daging untuk bulgogi dibuat lebih manis. Air pada bumbu cukup banyak sehingga daging tidak dipanggang di atas plat besi (teppan), melainkan di atas panci datar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara membuat es cream Bahan: Susu segar 1 L Gula pasir 200 g Kuning telur ayam 4 butir, kocok Tepung maizena 15 g Vanili ...