Jumat, 03 November 2017

Jajanan Korea

Jajanan Khas Korea

Korea,selain makanannya yang terkenal ada juga jajanan pinggir jalan khas korea yang banyak dicari dan diminati. Kalau kalian datang ke korea jangan lupa cobain jajanan khas Korea ini :

  • Odeng (Eomuk)
Image result for odeng


Odeng atau Eomuk adalah bakso ikan khas Korea. Odeng merupakan daging ikan yang dihaluskan lalu dicampur tepung terigu dan beberapa bumbu. Kemudian ditusuk dengan tusuk sate dan direbus dengan kaldu. Selain ikan, dalam adonan juga bisa dimasukkan kepiting ataupun cumi. Setiap tempat memiliki racikannya sendiri, ada yang menambahkan sayuran, paprika ataupun wijen.
Sangat cocok dimakan saat musim dingin karena cara memakannya pun menggunakan kaldu kuah panas. Setidaknya ada 3 jenis Odeng yang bisa kita temukan di Korea. Yakni Odeng dengan kuah kaldu, Odeng dengan saus mustard dan saus tomat dan Odeng Tang atau Eomuk Guk yakni Odeng yang di sajikan dalam mangkuk kaldu dengan bawang serta kedelai.

  • Tokkebi Hot Dog
Related image

Tokkebi atau yang biasa kita sebut Hot Dog Kentang. Seperti namanya, Hot Dog ini ditusuk dengan tusuk sate lalu dibungkus dengan kentang goreng. Dan makanan ini biasa disajikan dan dinikmati dengan saus tomat atau mustard, bisa juga dengan mayonnaise.


  • Hweori Gamja (Tornado Potato)
Image result for hweori gamja

Hweori Gamja atau Tornado Potato adalah jajanan pinggir jalan khas Korea yang berupa keripik kentang tusuk yang berbentuk spiral panjang. Jajanan ini terbuat dari kentang utuh yang dipotong dengan pemotong khusus sehingga kepingan tipis yang kontinyu seperti spiral atau gulungan angin tornado.

Untuk menikmati jajanan ini, pembeli biasanya menggulingkannya dalam bumbu bubuk yang tersedia. Biasanya ada rasa keju, bawang atau pedas. Selain tornado potato original ini ada juga tornado potato dengan sosis.


  • Bungeoppang 
Related image


Bungeoppang merupakan jajanan khas musim dingin di Korea. Terbuat dari adonan tepung terigu yang kemudian dicetak dengan bentuk ikan. Tapi kali ini tidak terbuat dari ikan walaupun berbentuk ikan. Bungeoppang biasanya diisi dengan selai kacang merah, ubi manis, coklat, dan chestnut.
Cocok dimakan saat masih hangat. Kepribadian kita juga dapat dilihat dari cara memakannya. Yakni jika orang makan bungeoppang dari kepala ikannya maka biasanya orang itu bersifat optimisik dan bersemangat tapi jika memakannya dari ekor ikan maka orang itu bersifat sensitif, romantis dan fashionable.

  • Gyeranppang

Related image
Gyeran Ppang atau roti telur merupakan sajian roti yang bagian atasnya ditambahkan telur ayam yang dimasak bersamaan dengan cara dipanggang dalam oven. Rasanya manis dan gurih, menyebabkan jajanan ini masuk ke dalam daftar jajanan Korea paling banyak dicari. Umumnya dijual dipinggir jalan sehingga disebut street food asli Korea. Cocok dimakan selagi hangat.

  • Gurita dan Cumi Cumi kering
Image result for gurita dan cumi cumi kering

Biasanya jajanan ini sudah dibagi bagi dalam gelas kertas dan dipanaskan dengan sedikit mentega sebelum diserahkan kepada pembeli. Selain stik stik dari gurita atau cumi, pedagang biasanya juga menjual keripik cumi - cumi dan gurita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara membuat es cream Bahan: Susu segar 1 L Gula pasir 200 g Kuning telur ayam 4 butir, kocok Tepung maizena 15 g Vanili ...